Langsung ke konten utama

Kunci nya “Optimis”





Belakangan ini saya mengenal seseorang yang selalu saja pesimis, setelah kutelusuri, dulu dia adalah orang yang memiliki banyak mimpi besar, namun dia sangat malas dan begitu cepat pesimis. Mimpinya begitu banyak tapi dia tidak memiliki usaha yang besar untuk mencapai itu.

Dia mempunyai mimpi kuliah di Luar Negeri, menginjakkan kaki di UK, Jepang, dan Negara-negara indah lainnya yang terkenal dengan teknologi modernnya, terkenal dengan kualitas pendidikannya. Namun, lagi-lagi dia sangat malas untuk berusaha dan selalu saja menunda untuk berusaha. Padahal, dari ceritanya dia cukup tahu apa yang harus dia persiapkan.

Sifat orang ini akan mengingatkan kita pada ayat Allah yakni surat Ar-Ra’d ayat 11, yang artinya  “Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ”

Menjadi bahan perenungan kita, bagaimana mungkin kita bisa meraih mimpi kita kalau kita hanya meletakkannya di kepala sebagai hiasan, sebagai pengisi waktu luang, sebagai angan-angan menyenangkan yang bisa menghibur di kala penat. Dream will come true ? No, If we just thinking no action.

Akhirnya, mimpi keluar negeri memang hanya menjadi hiasan karena tidak ada usaha dan keberanian untuk mencapainya. Walaupun begitu, dia tetap melanjutkan kuliahnya di tempat yang cukup baik dari tempat sebelumnya tetapi bukan di luar negeri hanya di luar pulau saja. 

Saking pesimisnya juga, dia ini melanjutkan kuliahnya tanpa sempat mendaftar beasiswa ke donor, bahkan mengajukan untuk donor yang sangat terkenal di kalangan mahasiswa hanya jadi mimpi dia juga. Padahal jauh sebelum lulus S1 dia sudah membuat perencanaan yang sangat matang untuk mendaftar beasiswa tersebut, sampai mengikuti kursus bahasa yang merupakan salah satu syarat administrasinya. 

Ya, bisa dibilang ketika kita bermimpi jangan pernah mengikutkan pesimis ke dalam ruang hati kita. Percaya bahwa Allah punya begitu besar kekuatan untuk mengabulkan doa hambanya dan membuat mimpi hambanya menjadi kenyataan. Pesimis adalah nama lain dari putus asa bukan? Allah sangat membenci orang-orang yang berputus asa. 

Hari ini saya mendapat kabar gembira dari teman saya itu, katanya beliau mendapatkan beasiswa untuk program studinya. Saya melihat beliau biasa-biasa saja dalam menyampaikannya, namun dari matanya dan tekanan suaranya bisa tersampaikan bahwa dia bisa berhasil melepas salah satu beban biaya dari Ibunya, karena ternyata selama melanjutkan pendidikan, sudah beberapa kali dia ingin cuti untuk mencari beasiswa dulu namun tidak dibolehkan oleh ibunya, alhasil dia bekerja sambil kuliah. Namun,karena memang biaya sekolahnya sangat mahal, ya tetap saja uang SPP ibu yang mengcover.

Lalu apa yang dia lakukan ketika mimpinya tak terwujud?

Katanya sih, awalnya memang stress dan pusing. Ditambah lagi memang dia memiliki teman-teman yang hebat, teman yang akhirnya meraih mimpi mereka bersekolah ke luar negeri dan mendapatkan beasiswa full untuk kuliah mereka.

Namun, akhirnya dia mengikhlaskan semuanya. Dan dia membagikan tips untuk menghindari sifat pesimis. Salah satunya adalah melawannya dengan optimis. Dia pun bercerita, sebelum mendapat beasiswa di tahun ini, dia banyak berserah diri kepada Allah SWT. Berprasangka baik kepada Allah SWT. Dan juga dia sangat terbantu dengan adanya program ODOJ di salah satu organisasi yang dia tekuni, dengan program ini, dia menjadi orang yang teratur dalam memanage waktu.

Katanya, cobaan itu kadang membuat kita semakin kuat dan pasti akan selalu ada hadiah indah dari Allah atas apa yang kita telah usahakan. Dia terdampar di tempat kuliah sekarang pasti karena rencana Allah, bahkan di tempat ini dia menemukan banyak teman seiman yang menginspirasi dia,bisa bekerja, bisa mengajar. Bayangkan kalau dia keluar negeri,mungkin bisa stress karena memang dia sangat katro dan susah bergaul.

Dalam Shahih al Bukhari, dari Anas Radhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa tidak ada penyakit yang menular sendiri, dan tidak ada kesialan. Optimisme (yaitu) kata-kata yang baik membuatku kagum.

Sabda nabi di atas juga sangat membantunya, optimis telah membantunya menjalani semuanya, mengikhlaskan mimpi yang hanya bisa menjadi hiasan dan berusaha menjalani kenyataan hidup sebaik-baiknya.

Ainum Hidayah
2 Agustus 2016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peka dan Sensitif

Penyakit parah dan akut yang sering diderita oleh kaum hawa adalah peka dan sensitif bahkan gejala peka dan sensitif ini bisa sampai pada stadium Kegeeran. Semakin banyak kita berinteraksi dengan kaum Adam, rasanya semakin banyak pemicu penyakit ini Perhatian sedikit akan menjadi pemicu...  Langkah preventifnya adalah ikhlas, sabar dan serahkan semua pada Allah karena rencana Allah akan jauh lebih indah ketika kita kaum hawa fokus menggapai cita dan memperbaiki diri

MENUNGGUMU

Serasa jadi orang linglung sudah menguatkan tekat untuk berhenti mencarimu dimanapun tidak menegurmu dan membuatmu risih dengan pertanyaanku yang tidak jelas niat itu sudah sangat matang di otak, namun, sayang saraf-saraf motorikku tidak pernah merespon dengan baik semuanya lagi-lagi saya menyapamu, menanyakan hal yang kurang penting dan bahkan mungkin kamu sangat risih dengan itu aku hanya sedikit curiga denganmu mungkin saja kamu sudah kehilangan kepekaan atau mungkin saja kamu terlalu sabar menghadapi pengganggu karena sudah terbiasa. aku hanya sedikit malu saja dengan tingkah semua sarafku yang tak terkontrol maunya aku diam saja dan menjauhkan diri dari hal-hal yang bisa memancingku mencarimu sampai pun detik ini, sangat bodoh bagiku karena menunggumu yang tak kunjung mengerti

Sungkan

mencoba berdamai dengan semeraenawutnya perasaan ini, ternyata berbalik beberapa kalipun, ini sangat mengganggu sungkan. sebenarnya saya merasakan ini terhadap kebaikannya. benar-benar sungkan dengan kebaikannya. sungkan. sering saya merasakan ini terhadap kebaikannya sungkan tak kunjung menyadarkan untuk segera bergegas tak membuatnya risih dengan cerita-cerita tak penting ini saya betul-betul sungkan tapi tak punya tenaga untuk bergerak menjauh